Countdown To Hana & Adji's Wedding Day | A day to Remember Forever

Search This Blog

BAB I (Skripsi : Peranan Audit Internal dan Manajemen Risiko terhadap Efektivitas Pengelolaan Kredit pada PT. Home Credit Indonesia)


Created By : Hana Lidyana (1234.0310.75)
Fakultas Ekonomi - Jurusan Akuntansi
Universitas Krisnadwipayana
Jakarta
2017

---------------------------------------------------------------------------------------------------------

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            LATAR BELAKANG MASALAH
Di zaman yang sudah modern saat ini, sebagian besar masyarakat juga mulai meningkatkan taraf hidupnya dengan salah satu caranya adalah membeli barang-barang mewah agar terlihat lebih berkelas dengan orang yang ada di lingkungan sekitarnya. Pada kenyataannya saat ini masyarakat Indonesia lebih mendominasikan kebutuhan konsumtifnya dibandingkan kebutuhan primer ataupun sekundernya yang seharusnya lebih diutamakan, hal ini dikarenakan faktor gengsi atau gaya hidup yang semakin meningkat serta pengaruh faktor lingkungan saat ini. Salah satu kebutuhan konsumtif yang saat ini sangat digemari adalah dengan membeli barang-barang elektronik, furniture, perlengkapan dapur, dan sebagainya.
Namun untuk memenuhi kebutuhan konsumtif tersebut, terkadang kita harus mengeluarkan dana yang cukup fantastis jika harus dikeluarkan dana secara tunai (cash). Beberapa diantara mereka, untuk memenuhi kebutuhan konsumtifnya lebih memilih sistem cicilan (kredit) dengan menggunakan salah satu fasilitas kredit yang diberikan dari Bank berupa kartu kredit ataupun mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan non bank seperti leasing atau multifinance.
PT. Home Credit Indonesia merupakan salah satu perusahaan baru dalam bentuk Lembaga Keuangan Non Bank yang berfokus pada pembiayaan konsumen (multifinance). Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2013 dan berpusat di Jakarta dengan jumlah karyawan hingga saat ini kurang lebih 2300 orang. Penjualan barang-barang konsumtif yang sudah dijelaskan sebelumnya, konsumen (customer) bisa mendapatkan barang-barang tersebut secara kredit di toko-toko atau merchandise yang bekerjasama dengan PT. Home Credit Indonesia (HCID).
Seiring dengan perkembangan bisnis, PT. Home Credit Indonesia memperluas jaringan bisnisnya ke beberapa daerah yang secara otomatis situasi lingkungan eksternal dan internal perusahaan mengalami perkembangan yang pesat diikuti dengan semakin kompleksnya risiko kegiatan usaha perusahaan, sehingga meningkatkan kebutuhan praktek tata kelola perusahaan yang sehat (good corporate governance) dan penerapan manajemen risiko.
Salah satu risiko yang muncul dalam perusahaan adalah risiko kredit, yang dampaknya dapat mengakibatkan terjadinya kredit macet. Kredit macet terjadi jika kredit yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada pelanggan (customer) tidak dapat dilunasi tepat pada waktu yang ditentukan, sehingga dapat mengurangi profitabilitas perusahaan. Tidak hanya itu saja, pihak perusahaan (PT. HCID) juga sering menemukan kecurangan yang terjadi dari pihak internal dan eksternal seperti pemberian data fiktif dari pelanggan, manipulasi data dari pihak agen penjualan, dan lain-lain.
Salah satu kasus yang terjadi di PT. HCID dari pihak luar (customer), terjadi pada tanggal 7 Juni 2015, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengungkapkan komplotan pelaku penipuan berjumlah 6 (enam) orang, sudah melakukan aksi penipuannya dari tahun 2014 dengan menggunakan akta otentik palsu untuk mengajukan kredit pembelian handphone berbagai merk di beberapa mall di Jakarta. Keenam tersangka melakukan aksinya di beberapa lokasi terpisah dengan perannya masing-masing dan mengajukan data palsu berupa KTP palsu, slip gaji palsu, dan uang DP (down payment).
Lalu mereka membeli handphone berbagai merk di toko telah bekerjasama dengan layanan jasa kredit dari PT. HCID yang selanjutnya barang tersebut dijual kembali ke orang lain. Data fiktif tersebut mengakibatkan gagal dalam penagihan baik melalui penelponan maupun kunjungan langsung. Atas kejadian yang dilakukan oleh 6 (enam) orang komplotan tersebut, pihak PT. Home Credit Indonesia mengalami total kerugian sejumlah Rp. 50.000.000.
Masih ada juga kasus yang bersumber dari pihak dalam (karyawan PT. HCID) yang salah satunya terjadi pada divisi penagihan (collection), ini juga terjadi di tahun 2015. Dimana salah satu karyawan penagihan lapangan (field collector) yang tidak melakukan penyetoran pembayaran angsuran dari customer hingga pihak PT. Home Credit Indonesia juga harus mengalami kerugian atas kejadian tersebut sejumlah Rp. 20.000.000. Kasus tersebut kini sudah dalam perkara pengadilan. Kredit macet dalam jumlah besar inilah yang berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan, sebab keuntungan utama perusahaan diperoleh dari bunga pinjaman atau kredit yang disalurkan.
Tingkat persaingan antar perusahaan multifinance dan risiko perkreditan yang tinggi tersebut menyebabkan pihak manajemen perusahaan perlu menerapkan suatu pengendalian internal yang memadai untuk melindungi harta milik perusahaan dengan meminimumkan kemungkinan terjadinya penyelewengan, pemborosan, kemacetan kredit, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja. Dengan demikian, segala bentuk kesalahan, kecurangan, dan tindakan-tindakan lain yang dilakukan oleh pihak luar maupun pihak dalam perusahaan yang dapat merugikan perusahaan dapat ditekan serendah mungkin.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai apakah fungsi dari audit internal dan manajemen risiko yang sudah berjalan saat ini sudah dijalankan dengan baik, dengan judul “Peranan Audit Internal dan Manajemen Risiko Terhadap Efektivitas Pengelolaan Kredit pada PT. Home Credit Indonesia”.

1.2.            PEMBATASAN MASALAH
Dalam penelitian kali ini, penulis berfokus pada penerapan audit internal selama masa 6 (enam) bulan belakangan ini dan penerapan manajemen risiko perusahaan multifinance yaitu pada PT. Home Credit Indonesia dimana menitikberatkan kepada risiko kredit yang muncul dalam efektivitas pengelolaan kredit perusahaan. Sedangkan untuk faktor lainnya tidak dibahas secara ekslusif dalam penelitian ini.

1.3.            RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pada latar belakang masalah yang telah dikemukakan, perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah :
1.3.1.           Apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan audit internal terhadap efektivitas pengelolaan kredit pada perusahaan PT. Home Credit Indonesia?
1.3.2.           Apakah terdapat pengaruh siginifikan manajemen risiko pembiayaan kredit terhadap efektivitas pengelolaan kredit pada perusahaan PT. Home Credit Indonesia?
1.3.3.           Apakah penerapan audit internal dan manajemen risiko pembiayaan kredit berpengaruh secara simultan terhadap efektivitas pengelolaan kredit pada perusahaan PT. Home Credit Indonesia?

1.4.            TUJUAN PENELITIAN
Dari pembahasan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.4.1.           Untuk menganalisis signifikasi pengaruh penerapan audit internal terhadap efektivitas pengelolaan kredit pada perusahaan PT. Home Credit Indonesia.
1.4.2.           Untuk menganalisis signifikasi pengaruh penerapan manajemen risiko pembiayaan kredit terhadap efektivitas pengelolaan kredit di perusahaan PT. Home Credit Indonesia.
1.4.3.           Untuk menganalisis signifikasi pengaruh secara bersama penerapan audit internal dan penerapan manajemen risiko pembiayaan kredit terhadap efektivitas pengelolaan kredit di  perusahaan PT. Home Credit Indonesia.

1.5.            MANFAAT PENELITIAN
Berdasarkan pada tujuan penulisan yang telah dikemukakan, maka manfaat dari penelitian ini adalah :
1.5.1.           Bagi Penulis
Hasil penelitian ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan, serta mengimplementasikan konsep dan teori dalam praktek yang sebenarnya, khususnya mengenai konsep audit internal dan manajemen risiko dalam pengelolaan kredit yang penulis peroleh selama mengikuti pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana.
1.5.2.           Bagi Pembaca
Penelitian ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi pembaca dalam hal audit internal dan manajemen risiko, ekeftivitas dalam pengelolaan kredit perusahaan.
1.5.3.        Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai informasi dan bahan masukan kepada pihak perusahaan mengenai pengembangan lebih lanjut dalam efektivitas pengelolaan kredit.

1.6.            SISTEMATIKA PENULISAN
Penelitian ini dibagi menjadi 5 (lima) bagian dengan sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB I        PENDAHULUAN
Pada Bab ini merupakan bagian yang menjelaskan tentang latar belakang masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan  sistematika penulisan.

BAB II       LANDASAN TEORI
Di Bab ini merupakan bagian yang menjabarkan tentang tinjuan pustaka, penelitian terdahulu, kerangka konseptual, dan hipotesis.
BAB III     METODOLOGI PENELITIAN
Pada Bab ini menguraikan tentang objek, lokasi penelitian dan waktu penelitian, variabel dan pengukurannya, populasi dan sampel penelitian, metode pengumpulan data, serta teknik analisis data.
BAB IV     ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini akan menjelaskan tentang gambaran umum dari objek penelitian yaitu PT. Home Credit Indonesia, hasil penelitian yang telah dilakukan, analisa hasil penelitian, dan pembahasan.
BAB V       KESIMPULAN DAN SARAN

Pada Bab ini akan menjabarkan kesimpulan dan saran-saran dari hasil penelitian.





Untuk lengkap BAB III - V, bisa PM ya guys.. happy reading 😆😆😆 
terimakasih sudah berkunjung
don't forget to like and share 👌

::Artikel Lainnya:: 

BAB II Skripsi Audit Internal





4 komentar:

  1. mau donk kak BAB 3 & 4 nya buat reverensi skripsi.
    endahryani@gmail.com
    makasih kak

    BalasHapus
  2. ada struktur organisasi nya kah?

    BalasHapus
  3. kak bab 3 dan seterusnya dong tentang Peranan Audit Internal dan Manajemen Risiko terhadap Efektivitas Pengelolaan Kredit pada PT. Home Credit Indonesia)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, tinggalkan komentar untuk pengembangan blog menjadi lebih baik lagi. :)

hanaqyen. Diberdayakan oleh Blogger.

Motivasi

Focus - Wishes - Trying - Praying

Sponsor